TIPS Berobat ke Penang! (Part 1)

Minggu lalu saya berangkat ke Penang selama 4 hari 3 malam berdua sama adik. Kebetulan adik positif kena endometrium carcinoma :'( saya mau minta 2nd opinion kesana setelah mendengar vonis dokter di rumah sakit di Jakarta. setelah browsing kesana kemari tentang Penang, kami bermodalkan nekat dengan hanya membawa uang cash 1.478 ringgit untuk berangkat (diluar hotel dan pesawat)

Pertama yang saya lakukan adalah memilih Rumah sakit dan dokter, banyak yang menyarankan ke Adventist/Island hospital. saya kemudian membuat email yang menjelaskan penyakit dan vonis dokter ke seluruh rumah sakit yaitu LAM WAH EE, ADVENTIST, ISLAND HOSPITAL dan MARIAM (in english ya-sebenernya bhs indo juga gapapa mereka bisa bahasa melayu). saya sebenernya pengen di RS Mariam tapi ternyata RS Mariam yg terkenal untuk cancer itu hanya menangani treatmentnya saja artinya seperti kemotherapi/radiologi dsb..tidak ada surgery maupun konsultasi dokter. akhirnya pilihan di 3 RS, yang menarik saya email ke customer servicenya seperti di Island – ihealth@islandhospital.com dan wellnesscentre@pah.com.my tapi yang jawabannya sangat meyakinkan hanya dari Island Hospital dimana kalo kita kirim email, email kita langsung diforward ke dokter yang bersangkutan. waktu itu saya diresponds dalam waktu 1 hari oleh Dr. Maha,gynachologist sampai saya kirimkan hasil labnya via email. kami sempat bahas via email. lalu ada Dr. Karen,Dr. zainol dari pathologi, dr narinder dsb. tapi yang jawabannya penuh empati dan ada spesialis onkologi hanya Dr. Karen akhirnya kami membuat appoitment dengan beliau di hari kamis 25april 2013. sekali lg yah dokter cocok2an sih, saya juga nanya tuh price listnya brp. Untuk pertemuan pertama 100RM untuk konsultasi dan 40RM kalau ada ultrasound. sementara untuk operasi pengangkatan rahim sekitar 8000RM (waaakkkss!!) sementara responds dari rumah sakit lain itu general bgt hanya menjelaskan ttg rumah sakitnya. Tips : lebih baik telp ke RSnya dari pada email, bisa bahasa indonesia kok. lebih cepet respondsnya dan mereka punya indonesian desk for each hospital yg bisa merekomendasikan hotel,transport dan sebagainya

Pilih RS done!Pilih Dokter Done!

lalu pesan tiket pesawat.

dari seluruh airline ternyata penerbangan ke Penang hanya bisa menggunakan AirAsia dengan range 1.2jt waktu berangkat kesana. Kita open date,ngga pesen tiket pulang soalnya dokter suruh begitu takutnya ada pemeriksaan ini itu. akhirnya Booked 2,4jt untuk tiket. tips : Make sure pake travel insure, waktu brangkat dan pulang delay, pas brangkat 2.5jam pula delaynya sekarang kita lg proses klaim ke airasia untuk benefit 600.000/orang (minimal delay 2.5jam) waktu itu juga kita lagi bawa cancer specimen,takut kenapa2 lah jadinya kita pake travel insure—–Update: Alhamdulilah, Airasia bayar klaim kami Rp 600.000/orang. seluruh komplain via email saja padahal dan jangka waktu komplain dan pembayaran hanya dalam 1 bulan. terimakasih Airasia :)

Pesan Hotel

kita lewat booking.com, dari seluruh pilihan hotel, kita pilih YMCA soalnya kita pengen yang sedekat mungkin sama RS. YMCA ini kebetulan di seberangnya. lebih mirip hostel sih tapi fasilitas oke bgt, AC+Airpanas+2 single bed+tempat tidur dan kamar mandi yang bersih 80RM/malam. hotel tuh di penang murah2 kok dan yg minimalis2 gitu rada jarang dan jauh. dan kita bersyukur banget milih YMCA. buat yg pertama kali ke Penang,frontdesknya orang india SANGAT helpful kasih informasi makan dimana, tarif taksi, beli apa semuanya dibantu :) kalo weekend rate hotel ini 115RM. YMCA termasuk mahal, bisa dapetin hotel lain yang lebih murah 50-70RM tips : kalo ke island hospital mending disini aja, indonesian desk nyaranin apartment 3BD yg viewnya mall (penting yeeh?!) tapi admin RSnya ribet gila, sekarang gini yah, let say kamu pesen hotel di gurney apt (kebanggaan indonesian desk hospital) yg isinya orang indo semua 70RM/night 3BD cocok emang kalo ke Penangnya serombongan gede, tapi kalo cuma bedua YMCA Aja.soalnya dari Apt ke Island kan transport cuma ada taksi, (bis ribet banget) brangkat 10RM, pulangnya 10RM. sama aja kan?

Arrived in Penang

setelah delay lama, sampe di Penang jam 11.15 berbekal pengetahuan di internet,kalo cari taksi usahakan dibawah jam 12 malam soalnya semua taksi di penang itu nego, ga ada yg pake argo ditambah 50% dari total kalo brangkat jam 12malam. sebenernya kiita udah arrange penjemputan gratis dari Penang tapiii apa daya udah ditinggal soalnya maksimal penjemputan jam 9malam. tapi bisa juga hubungi Meyling +60166686787 nego di 35RM atau 40RM (baru dapet info ini pas pulang hikkksss) kayanya bisa dinego dari sblm brangkat. sementaraaaa kita sendiri pake taksi and it cost us 44RM ke YMCA. sampe hotel,puas sih bersiiiih kamar mandi dan kamarnya. fasilitas bintang 2. securitynya juga bagus,cctv all over the place.

Island Hospital – Day 1

dateng jam 6 pagi. masih gelap banget disana. ngambil nomer (jangan lupa bawa passport tiap ke RS) udah ngantri panjang (ngantri panjang tiap selasa dan kamis soalnya surgery day-jumat masih lebih mending antriannya rada sepi) btw nomer baru bisa diambil jam 7! meh! trus udah ambil nomer langsung ke resepsionis buat registrasi ke dokter. jadi nomer itu buat ngantri di resepsionis. abis itu kasi passport ke dia buat si resepsionis kroscek nama asli kita dan dikasi kartu biru/kuning (ini untuk follow up registration deng – kalo udh sempet ketemu dokternya dan disuru balik) kalo baru pertama kali ngantrinya diruang samping resepsionis buat daftar. abis ituuuu disuru balik lagi dong yah jam 9.30. karna saya di YMCA,saya bolak balik 2kali. mandi dan sarapan dulu (sarapan free dari YMCA, tapi ga enak + servis sucks) better makan di RS ajah. di RS sekitar 6RM dan ada coffee machine isinya milo+coffee hot & cold harga 1.10RM dan 1.20RM buat large size. sekali lagiiih karna hotel kitah di seberang, ketinggalan apa tinggal ngesot, kita slalu dapet urutan pertama + kedua. ketemu dokter J.karen jam 10-11. setelah ketemu dokter jam 11an selesai. kita makan siang di island habis sekitar 15RM (makanan 6RM each dan minum 1-2RM+cemilan) balik lg ke hotel tapi jam 2 siang disuruh ke Island lagi buat check hasil. hasilnya cenderung buruk :'( tapi harus kuat, kan cuma berdua walaupun udah mewek2 seharian ;’P huhuhuhuhu.. bayar konsultasi 100RM dan biaya check specimen cancer 300RM. jatohnya 300.000an loh sekali konsultasi,masih lebih murah obgyn di RSPI around 250.000. Kurs di Jakarta waktu penukaran Rp 3.240 hiks. jadi biaya berobat di Penang sebelas duabelas sama di RSPI (tuh kata siapa muraaah??) tapi CT scan di RSPI around 8.5jt tanpa MRI yah. sementara disini kalo dikurs around 4.5jt

abis itu balik lagi ke hotel with super bad mood. jam 5 disuru Check CTscan. clueless nggatau harganya brp akhirnya tlp RS 30 menit sebelum CTscan. ternyata harus bayar 1500RM dikasih range. whaaaaaattt duitnya ga cukup nih! :( tlp keluarga di jakarta dan minta ditransfer, ditransfer rupiah 5juta – kebetulan kita udah prepare bawa  token bca (kita kroscek RSPI dulu sih brp biayanya utk CT scan, sempet kepikiran pulang dulu dan CT scan di Jakarta,tapi biayanya lebih mahaal around  8.5 for the same check up so we decided to take the CT scan on Island) nah disini Indonesian desk yang bernama bu Vera helpful banget. transfer ke beliau dan beliau bayarin bill RSnya via CC. masih ada sisa 22.5ringgit yg dibayarkan ke kita secara cash. sebelum CTscan ketauan biaya persisnya adalah 1540RM alhamdulilah ditransfer dari Jakarta :) kurs di bu Vera lumayan bagus Rp 3200. ambil CT scan jam 7malam. ohyaa buat yg mau kece2 di Penang forget it, kita udah bawa baju kece dan kaos2 ujung2nya pake sweater. the hospital is frickin cold!!! di hospitalnya jugaak! di airportnya jugaaa! pake sepatu keds or sandals aja biar bolak baliknya gampang. ngga ada yg muda2 jugaakkk semuanya orang sakit in wheel chair dan orang2 around late 30’s/40s above.selesai CT scan itu jam 8an. tepaar sampe hotel langsung mandi dan tidur karna siap2 buat besok pagi ambil nomer lagih jam 6 pagi zzzzz.. walaupun disuru ke dokternya jam 12siang,tapi ngantri registrasinya tetep jam segitu. kalo missed ato kelewatan 1 nomer, disuruh ambil antrian lagi booook. done that,ampe 3x gileeee..

to be continued yaaa..

40 responses to “TIPS Berobat ke Penang! (Part 1)

  1. OMG!! Gw udah lama ga baca postingan lo, tau-tau isinya begini. Moga-moga adek lo cepet sembuh yah… Bukan sekedar mendingan, tapi sembuh total!! Amin!!
    Thanks for sharing, even tho I know you’re really busy and occupied with all this mess. Stay strong ya :)

  2. Bagaimana hasilnya ade nya? Gw jg lagi cari2 info ttg rumah sakit buat ma2 saya, dy jg pgn d angkat kandungan nya? Mohon info my lg ya?

  3. saya menyarankan di Jakarta saja.di Penang,adik saya disarankan untuk diangkat sum2 tulang belakang, ovarium dan rahim. kenapa? mereka ambil yang paling aman krn mereka ngga punya teknologi Pet scan. sementara di Jakarta, ada pet scan jadi yg diangkat hanya yg sudah menyebar saja.

    dari segi biaya juga sama saja yah. rumah sakit bisa lebih murah. tapi ongkos PP pesawat aja 6 juta untuk 2 orang. dan ngga ada pilihan pesawat lain krn air asia monopoli,kalau dari Jakarta yah. sementara airlines lain ada transitnya kalao ga salah :P please correct me if am wrong hehehe.malah bisa lebih mahal di Penang soalnya ada biaya hidup + tempat tinggal belum termasuk medical bills. biaya dokter aja sama kaya di Jakarta 250-300rb/visit :)

  4. Hi sis, salam kenal.. :)
    thx banget infonya very useful..
    saya juga mw k Penang untuk di Island juga, soalnya adikku trombositnya rendah, di Jakarta ud ke banyak dokter tapi gk ketauan penyakitny.. :(
    tapi kok kayanya teknology mereka kurang yak.. percuma dunk jau-jau kesana klo sama aj gk ada hasil.. mana ongkosny mahal pula..
    mohon masukannya..
    thx..

  5. teknologi mereka kurang kalau menyangkut kanker dan tumor. disini lebih lengkap ternyata :P tapi untuk jantung, paru dan lainnya banyak yg merekomendasikan ke island. lebih baik kalau mau ke Penang, cari tahu dulu RS mana yg sesuai, pilihan Lam Wah EE, Loh Guan, Island,dan Adventist.

    konsultasi sama mereka via email langsung ke dokter2nya dan cerita penyakitnya apa, jadi pas kesana dokter2nya udah tau harus ngapain, hemat waktulah :) island dan advent respondsnya cepat, kalao loh guan ada perwakilan di Jakarta.

    masalah tempat tinggal dan akomodasi bisa mereka aturkan dan kasih rekomendasi juga. selamat mencoba yaa :) mudah2an adiknya cepet sembuh.

  6. thx sis buat responnya..
    kebetulan saya sudah balik k Jakarta..
    sedikit sharing aj ya.. :)
    jadi awalnya di Island Hospital karena nyampe rada malem customer service sana ud pulang, trus hasil browsing” Indonesian Desk lumayan membantu akhirnya saya mutusin ke Indonesian Desk.
    Dan ternyata Indonesian Desk Island MENYESATKAN, hati-hati.

    Indonesian Desk disana biasa nama’y Vera tapi pas saya kesana
    Vera sedang balik ke Medan, Indonesia. Yang mengantikan mama’y Vera jadi saya konsultasi ke Indonesian Desk, dokternya yang mana dan gimana (sebelumnya saya sudah email ke hospital apakah bisa menangani adik saya tapi gk ada respon) kemudian sama Indonesian Desk di sarankan ketemu Dr Seow Eng Lok (spec usus, lambung, dan hati). Awalnya saya sudah merasa aneh ini sakit trombosit berhubungan sama darah kok dokternya bukan internist, kebetulan saya juga mengajak kakek-nenek sekalian mereka medcheck dan di sarankan dengan Dr Seow Eng Lok juga, nah loch..

    alhasil karena merasa Indonesian Desk lebih mengerti dan di yakinkan dengan berbagai cerita, salah satu ceritanya dokter ini bisa nyembuhin AIDS dan bisa mendeteksi penyakit genetika yang di turunkan ke anak, percaya lach kita buat periksa 3orang ke 1 dokter..

    besoknya kita pada melakukan serangkaian test yang di suruh dokter, nah di tengah-tengah waktu nunggu hasil saya masih penasaran masa iya ini dokter hebat banget, entah mengapa rasanya tetep janggal, kemudian saya tanya ke bagian Customer Service Island Hospital, yang ada di depan bakery shop. Alangkah kagetnya saya ketika ibu yang jaga mengatakan klo kita semua(adik saya, kakek dan nenek) salah dokter, beliau sampe geleng-geleng kepala dan binggung, terus beliau bilang, “disini (maksudnya Island Hospital) bukan kaya di Indonesia yang satu dokter bisa handle semua penyakit, maka dari itu kita(Island Hospital) punya dokter specialis, dipisah-pisah”. kemudian dari hasil pembicaraan dengan Customer Service diketahui bahwa Indonesian Desk (yang saat itu di wakilkan oleh mama Vera/Ibu Achun) hanya merekomendasikan Dr Seow Eng Lok, baik untuk Stroke, Diabetes, dan laen-laen.

    pas sore waktunya ketemu dokter karena uda terlanjur check lab dan Dr Seow Eng Lok punya sistem tersendiri jadi mw tidak mw harus ketemu ini dokter. Hasilnya sungguh mengejutkan dy bilang semua (3orang, termasuk adik saya yang sakit) di nyatakan sehat..
    sampe akhirnya mama saya debat dengan dokter ini, beliau nunjukin hasil lab yang di bawa dari Indo beserta obat-obatannya. Baru kemudian Dr Seow Eng Lok merujuj adik saya ke Gleneagles Hospital dengan Dr.Liong, ini sey geregetan banget soalnya sebelum pemeriksaan darah dan lain-lain uda sempet konsultasi sama Dr Seow Eng Lok dan menyanggupi bahwa beliau mengerti penyakit ini..

    Sorry jadi kepanjangan cerita..cuma mw berbagi pengalaman supaya jangan ada kejadian seperti saya, soalnya Cust Care sana bilang banyak banget kejadian seperti saya. Lumayan banget waktu dan biaya yang kebuang..

  7. setuju. Indonesian desk membantu buat akomodasi di penang aja misal hotel/tempat makan/tukar dollar/supir dan sebagainya. tapi untuk dokter harus dari kita sendiri dg konsultasi ke bagian customer service – ihealth@islandhospital.com

    waktu aku memutuskan ke dokter karen jg setelah google2 dan liat track recordnya, soalnya ada salah satu dokter yg asal jg bales email trus bilang kalo operasi aja & langsung buat schedule. gila! jadi dari 5 dokter yg bales waktu itu, dipitching dulu sebelum memutuskan utk brangkat :)

    sebelum brangkat ke customer service,contact2 via email,mereka helpful bgt dan diforwardkan ke dokter specialis yg berhubungan sama penyakit kita :)

    si indonesian desk tuh kebiasaan nerima pasien yg udah tua2 dan mau terima beres, dan penyakitnya stroke/jantung/diabetes gitu2..mungkin dapet komisi jg kali yah dari dokternya wekekekeke :P

  8. Hallo Mba Nubiennes, Haii semua..

    Numpang share yah, mudah-mudahan bisa membantu bagi yg sedang membutuhkan.

    Perkenalkan saya Lieli. Saya bekerja di SingMedic, yaitu perwakilan rumah sakit Malaysia. RS yg kami wakili antara lain: Island Hospial, Sunway Medical Centre dan Mount Miriam Cancer Hospital.

    Bagi Bapak/ Ibu yang membutuhkan informasi mengenai rumah sakit, dokter, perkiraan biaya dan pembuatan janji temu dgn dokter, silahkan menghubungi kantor kami di 02134101000 atau email ke jakarta@singmedic.com.

    Semua informasi dan service yg kami berikan tdk dipungut biaya (GRATIS), krn kami perwakilan resmi. Selain RS Malaysia, kami juga mewakili sebagian besar RS Pemerintah maupun Swasta di Singapura.

    Terima kasih.

  9. Nyesel baru baca postingan ini, sambil nunggu dokter Damian Wong, di tengah dinginnnnya Island Hospital. Hahaha.

  10. @Cecil
    Kok bisa ya Indonesian desk itu malah nganjurin ke 1 dokter, Sew Eng Lok itu kan dokter gastro, hubungan nya sama usus. Dan yg aneh, kok bisa dia test lagi, tapi malah hasilnya sehat? Misleading dong ya hasilnya. Bahaya sekali.
    Memang unik juga berobat di Penang. Petugas pendaftaran juga ngga terlalu helpful, malah maunya cepet2 pasien tentuin pilihan, dengan nyodorin “menu” foto2 dokter, kaya menu di bakmie gajah mada. Jadi kalau salah2, ya bahaya juga ya.

  11. Jadi tergantung dokternya! sekarang udah ada Singmedic tuh, bisa nanya biaya dan dokter yang bagus di Penang. jadi ngga beli kucing dalam karung lagi :D

  12. salam kenal semua.. saya tidak mewakili siapa2 ya.. ini hanya sharing saja..
    papa saya sendiri pasien rumah sakit island hospital, waktu 3 bulan yang lalu berobat ke sana sih semua nya lancar… dan yang setahu saya memang semua rumah sakit ada ‘menu dokter’ sih, bukan hanya di Island Hospital.. , rumah sakit penang gak seperti rumah sakit lain yang kalau kenalin ke dokter ini dapat komisi, ke dokter lain dapat komisi.. kemarin papa saya malah dapat discount dari biaya dokter nya lo…lebih murah dari berobat di surabaya..

  13. numpang nanya dong, tgl 22 jan sy ke island hospital. mau bawa suami yg terkena stroke ringan, mertua yg mau cek mata (sekalian operasi katarak), anak sy yg sering mimisan. bisa minta tlg rekomend dokter nya dong. tq

  14. halo mbak salam kenal saya rahmi, mau tanya pernah ada pengalaman berobat dengan DR. Seow Eng Lok ya mbak???…berapa semua2 biaya check up nya ya??..terima kasih atas informasinya ^^, soalnya tanggal 10 feb nti mau bawa kakak berobat ke Island Hospital, trimakasih ats bantuannya ^^

  15. Hallo Mba Rahmi,
    Jika ada rencana untuk berkonsultasi dengan dokter di luar negeri, kami sarankan untuk membuat janji dengan dokter terlebih dahulu, untuk menghindari cuti dokter dan klinik yang penuh, apalagi jika sudah ada nama dokter yang dituju.

    Perkenalkan saya Lieli, saya bekerja di SingMedic, yaitu perwakilan resmi rumah sakit di Malaysia dan Singapura, salah satunya Island Hospital. Jika Ibu mau, kami bisa membantu Ibu untuk pembuatan janji temu dan pengaturan jasa penjemputan yang disediakan gratis oleh Island Hospital. Selain itu kami bisa memberikan informasi perkiraan biaya, informasi dokter dan akomodasi selama berada di Malaysia.

    Semua informasi dan service yang kami berikan tidak dipungut biaya (GRATIS). Silahkan menghubungi kami di nomor 02134101000 atau email ke jakarta@singmedic.com

    Semoga membantu. Terima kasih.

  16. Mbak Lieli terima kasih sekali atas informasinya….
    saya lagi ngurus berkas2 dulu yang belum selesai nanti baru saya hubungi mbak lieli…
    kira2 maksimal bisa dihubungi berapa hari sebelum keberangkatan ya mbak?
    Terima Kasih…

  17. Senang bisa membantu Ibu Rahmi :)
    Untuk pembuatan janji temu dengan dokter sebaiknya dilakukan 1 minggu sebelum keberangkatan. Jika perlu informasi lainnya, silahkan hubungi kami langsung.

    Terima kasih.

  18. Hallo Ibu Elia,

    Untuk informasi pengobatan, itu hanya bisa dijelaskan oleh dokternya Ibu. Namun dari segi kemampuan dokter dan kualitas teknologi kesehatan, Malaysia sudah bertaraf Internasional, sehingga sudah lebih baik.

    Apabila Ibu berencana kesana, kami bisa bantu rekomendasi dokter dan rumah sakit untuk permasalahan Ibu (tidak dipungut biaya).

    Semoga membantu. Terima kasih.

  19. dokter apa yg bisa nanganin kasus septum vagina di penang..ke rs mn? please share info’a.tq

  20. Hallo salam kenal semua
    saya mau sharing aj disini dan tdk mewakili siapapun
    Istri saya kena kanker payudara dan menyebar ke tulang belakang dan terakhir ke lever hingga meninggal pada tgl 9 Februari 2013 lalu selama ini dia dirawat oleh salah satu dokter di RS MRCCC siloam jakarta, dokter nya sangat cooperative untuk mendengarkan pasien sehingga istri saya merasa nyaman tidak mau pindah2 dokter lagi, dan menurut saya penderita kanker itu perlu kenyamanan untuk mengetahui perkembangan penyakitnya, untuk itu peran dokter sangat besar untuk memberikan kenyamanan disamping dukungan keluarga juga sangat diperlukan untuk mendorong semangat hidup penderita kanker, jadi dimanapun Rumah Sakit nya yang penting dokternya harus bisa memberikan kenyamanan dan treatment yang pas buat si pasien, tq

  21. Hallo salam kenal semua nya,
    Saya Tia, butuh informasi tentang dokter yang bagus untuk penyakit stroke dan penyakit jantung di Island Hospital,tq

  22. Tia sudah coba hubungi singmedic telp langsung, tapi selalu mesin penjawab yang berbicara. Tapi akan tia coba lagi.

  23. Hi sis,terus sekarang bagaimana kabar adikmu sudah sehat kan?saya doakan selalu sehat ya abis dilakukan operasi…sis ada email yg bs dihubungin tdk saya mau menanyakan ttg seputar penyakit ini.makasih

  24. sy berencana ke island hospital, utk pemeriksaan sehubungan dgn penyakit sy yg sebelumnya sy cek hasilnya lipoma (benjolan uk 2cm dibawah jaringan kulit pinggang bawah ). Tp sy mau cek kembali utk meyakinkan hasilnya, dan mau tau perlu tindakan apa apabila memeng hasilnya lipoma. Jadi kan sy bs tau hrs bawa biaya brpa apabila sdh tau tindakan yg akan dilakukan sehingga sy bs menghemat waktu dan biaya.

  25. All..numpang tanya donk,dokter spesialis lambung d penang yg bgus siapa yah.trs prakteknya dmn?sklian donk testinya yg udah prnah brobat sm dkter2 tsb..trs kira2 mahalan mana brobat d penang ktimbang jkt dbnding kualitasnya???
    Mksh ya sblmnya…

  26. Sis, numpang chat lagi di sini..papa saya baru pulang berobat dari Island Hospital, ke dokter Seow, dokternya bagus lo…, maaf bu cecil, tapi saya merasa dia tidak seperti yang ibu ceritakan ..
    dokter2 yang lain yang saya jumpa pada ramah2 semua lo, tapi penginapan di YMCA nya sudah agak naik harga.. dan rumah sakitnya juga masih dalam renovasi..
    Menu dokter itu hanya untuk informasi dan ada tertulis jelas bidang2 setiap dokter.. boleh di baca sendiri supaya lebih jelas..semua rumah sakit juga ada..

  27. oh maaf, tambahan lagi, dr Seow nya juga pandai, karna kami cekup hanya di perlukan 1 hari bapak saya sudah tahu penyakitnya dan di obati nya, sampai sekarang pulang ke jakarta masih bagus, ; untuk info .. bapak saya sudah berobat ke mana2 karna keluhan lambung nya.. tapi tidak sembuh sembuh..

  28. YMCA sudah naik harga ya? mudah2an lebih murah dibandingkan di apartment & dipusingkan dengan transportnya.

    dokter itu memang cocok2an kok fyi, kalau saya kurang cocok dengan dokter di island hospital

  29. Anak saya berumur 10 tahun sering banget demam,dokter siapa ya yang bagus di Penang? Di island hospital?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s