Siapa bilang “bodo” ga bisa jadi Pengusaha by Anang Sam

untukblog.jpg

Buku ini awalnya membosankan dan tidak menarik terutama pada chapter 2 dan 3. tapii.. walaupun penulis buku cukup self oriented , buku ini cukup ringan, segar dan ber ’bobot’ menurut saya. Skala 1-10, nilainya 7.50. lumayan’ kan? Dari buku ini saya melihat pribadi Anang sam yang ulet, self center, cerdas, risk taker dan pantang menyerah.

Secara garis besar, buku ini bercerita mengenai pengalaman si penulis yaitu Anang Sam hingga mencapai kesuksesan seperti sekarang. Bagaimana ia bertahan dengan prinsip wirausahanya dan mengajak kita untuk tidak takut untuk membuka suatu usaha. Tentunya ia pun memberikan tips-tips berdasarkan pengalamannya membuka suatu usaha, memberikan pelajaran terutama mentalitas seorang entrepreneurship.

Yang paling saya suka adalah pandangannya mengenai budaya pendidikan yang pesimistis, contohnya seperti ini:

” di era globalisasi ini, persaingan semakin ketat maka kita perlu mempersiapkan diri dengan belajar sebaik-baiknya.”

menurut Anang,” kalimat ini olah-olah agar dapat bertahan hidup kita harus berebut sumber daya. ” Kalimat ini mendukung pandangan saya bahwa akademis hanya membentuk kita sebagai kayawan, instead of an entrepreneur. Berdasarkan majalah tempo edisi lalu,entrepreneur di Indonesia jumlahnya hanya 0.8%. sedangkan kata Ciputra idealnya adalah 5%. Jadiii, nilai bagus, ipk tinggi buat apa kalau hanya bisa mencetak surat lamaran pekerjaan. Seharusnya pihak akademisi mampu mendorong mahasiswanya untuk menjadi pekerja kreatif dan berani membuka suatu usaha. Budaya pendidikan kita sayangnya salah arah. Justru mereka menghasilkan pengangguran terbuka. Untuk itu, Anang Sam mendorong kita untuk berani membuka usaha sendiri. Dia juga menekannya pentingnya fokus dan menjadi seorang risk-taker.Tidak banyak orang yang berani menjadi seorang risk taker.

Anang Sam secara gamblang menggambarkan kesulitan awal seorang entrepreneur terutama mereka yang belum berpengalaman.Dia seorang yang tidak takut gagal dan berani mencoba. memang mentalitas dia seorang entrepreneur sejati. Dia bahkan menyebutkan persentase bahwa orang yang membangun usaha sendiri tetapi tidak mempunyai pengalaman maka persentasi keberuntungannya adalah 15-20% dan at least 5 kali bangkrut baru bisa sukses hihi serem yah. Tapi ini bikin gue tambah semangat untuk bisnis furniture orientasi eksport & Retail. Bidang yang tantangannya banyak dan tapi kaya waktu.

Buku ini cukup untuk membakar semangat gue membangun usaha tersebut lebih dini. ada yang berminat menjadi investor?hehe..

2 thoughts on “Siapa bilang “bodo” ga bisa jadi Pengusaha by Anang Sam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s