Malaysia VS Indonesia

sejak tahun 1963, sukarno merasa bahwa Malaysia merupakan ancaman bagi Indonesia makanya ia menyerukan untuk “Ganyang Malaysia“. gue lupa alasannya kenapa. tapi yang pasti sejak tahun itu, Malaysia versus Indonesia.

1. kasus perebutan kawasan blok Ambalat dan penggencatan senjata di wilayah pulau ambalat. kabarnya preseiden Yudhoyono ikut mengawasi secara langsung gencatan senjata tersebut. gencatan senjata hanya dilakukan oleh pihak malaysia terhadap nelayan-nelayan yang mendekati perbatasan tersebut. berdasarkan berita yang gua baca di Tempo, tentara kita gatel banget pengen nembak balik tapi nanti masalahnye tambah panjang hihi.

2. kasus penganiayaan TKI yang sudah tak terhitung oleh majikan Malaysia. kesalahan Indonesia juga sih yang tidak memberikan kepastian hukum atau perlindungan yang maksimal dari segi hukum dan keselamatan terhadap TKI padahal TKI merupakan penghasil devisa terbesar. umumnya kasus-kasus tersebut menguap begitu saja tanpa ada penyelesaian secara jelas.

3. perebutan pulau sipadan dan Ligitan yang akhirnya dimenangkan oleh Malaysia. kesalahan Indonesia juga terlalu sibuk korupsi akhirnya ga memperhatikan pulau-pulau kecil di dekat perbatasan Malaysia. kalo ga salah kejadiannya, ternyata di pulau itu Malaysia udah bangun 150 resort. gue rasa dia tau kalo itu sebetulnya punya indonesia tapi dia juga tau bahwa Indonesia punya bargain power yang lemah. apalagi ini sudah direncanakan sejak lama buktinya dimasukkanlah Sipadan-LIgitan itu ke dalam peta Malaysia pada tahun 1979. Indonesia memang bangsa yang tertinggal, tidak mampu berbuat apa-apa kalo pulau-pulau nya di ambil. masih banyak pulau-pulau tak berpenghuni yang ditinggali oleh nelayan malaysia/ australia. tinggal tunggu waktu pulau=pulau tersebut di ambil Malaysia/australia.

4. kasus pemukulan wasit Donald Peter Colopita.Insiden bermula ketika Donald dan wasit lainnya usai mengikuti technical meeting, Kamis malam hingga Jumat (24/8) dinihari. Karena pagi sekali, taksi tak ada. Lalu, Donald memilih jalan kaki ke hotel yang berjarak sekitar 1 km. Dalam perjalanan, tiba-tiba Donald didatangi polisi setempat yang langsung menghajarnya. tanpa alasan yang jelas. Donald terluka pada bagian wajah, alat kelaminnya sampe berdarah juga, hidung, perutnya. mendengar kabar tersebut, Indonesia segera mengundurkan diri sebagai kontingen kejuaraan karate tersebut yang dihadiri oleh 32 negara. ya iyalah,namanya juga undangan masa diperlakukan seman-mena. Indonesia kabarnya segera melaporkan ini ke federasi karatedo sedunia. (sumber:http://malingsia.blogspot.com/2007/08/malingsia-berulah-wasit-indonesia.html%5D

5. kasus Pasukan Rela Malaysia yang kabarnya suka menyiksa, menganiaya, dan memperkosa TKI Indonesia kasusnya udah cukup banyak oknumnya udah ditangkep polisi. dengan tindakan tersebut, mereka sangat semena-mena dan anehnya memperoleh izin dari atasannya untuk menggeledah seluruh rumah TKI.

disini menggambarkan betapa rasisnya mereka terutama terhadap orang indonesia. seharusnya indonesia bisa tegas dalam menghadapi malaysia. apalagi dalam beberapa kasus, pihak pemerintah enggan meminta maaf bahkan cenderung membuang muka. butuh berapa kasus lagi indonesia baru bergerak? akan lebih baik kalau mampu memposisikan diri sebagai bangsa yang tinggi dan tidak mudah diinjak oleh negara lain. untuk kasus TKI perlu ada sistem yang mempu melindungi mereka, mungkin akan lebih baik kalau pihak kepolisian bekerjasama dengan pihak kepolisian malaysia. selain itu perlu juga dibuat dasar hukum untuk melindungi mereka. pihak agen TKI perlu diwajibkan untuk memberikan asuransi jiwa kepada mereka. dan yang terakhir untuk menghindari kasus-kasus tersebut akan lebih baik kalau TKI itu diedukasi terutama tentang peraturan dan hukum yang ada di Malaysia atau negara lain yang dituju. untuk kasus pengambilan pulau seharusnya TNI AL dan pihak berwenang pada urusan laut mengavaluasi diri, dan semakin memperketat pengamanan pulau-pulau kecil kita. untuk pulau-pulau yang ditinggali oleh nelayan atau warga negara lain. langsung diusir aja dan usut oknum yang memberikan ijin tersebut. heran gue, gitu aja ga bisa. mereka tuh kerjanya apa sih???

 

One thought on “Malaysia VS Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s