Media yang semakin mengkhawatirkan..

barusan gue melihat video genk motor yang lagi heboh .. gue merasa jijik dan marah banget sama tindakan seperti itu tapi apa yang dilakukan oleh genk motor bukan yang mau gue kedepankan tetapi bagaimana kredibilitas dan integritas media yang menyiarkan.

gue menyayangkan tindakan penayangan kekerasan tersebut. memang cuma 2 menit tapi impactnya besar sekali. bayangin aja orang kan udah capek sama macet jadi gampang marah-marah nah pas sampe rumah, berharap dapet hiburan ternyata malah dikasi tayangan kekerasan kaya gitu.

bisa dibayangkan tingginya tingkat stress orang indonesia terutama Jakarta. ga heran angka bunuh diri di Indonesia semakin tinggi. gue melihat bahwa tayangan kekerasan pada media terutama televisi bisa jadi stimulus untuk orang lain melakukan kekerasan. seakan-akan media mengedukasi mereka untuk melakukan itu. apalagi 200 juta masyarakat indonesia adalah orang miskin. inget loh, miskin adalah dosa terbesar manusia. kenapa? soalnya if people are live in hunger then they are willing to kill in order to get some food.

serem yah! makanya tindakan kejahatan semakin meluap terutama di jakarta. peran media saat ini sudah sangat mengkhawatirkan apalagi orientasi komersil mereka melakukan apapun untuk memperoleh profit. ini sesuai dengan apa yang diucapkan oleh noam Choamsky bahwa apa yang dilakukan oleh media semata-mata hanya untuk memenuhi kepentingan orang-orng tertentu saja yaitu orang-orang berduit. secara tidak sadar kita, pemirsa, digiring oleh media untuk menilai bahwa suatu berita tersebut penting. disini gue sangat tidak setuju. contohnya pada kasus roy marten yang tertangkap lagi gara-gara nyabu. emangnya itu penting?? sampe liputan6 segala ngeliput. gue sampe merasa bahwa batas antara berita infotainment dengan berita biasa itu abu-abu sekali.

apa kepentingan Jelangsore/fokus/liputan6 atau media sejenis untuk meliput bahkan menjadikan berita tersebut siaran langsung. orang masuk penjara kok heboh banget sih? membayangkan engga bahwa korban Sidoarjo/ korban penggusiran rumah atau korban penindasan aparat jauh lebih membutuhkan media dibandingkan pihak manapun? inget, kredibilitas media itu sudah sebegitu tingginya hingga masyarakat percaya bahwa apapun yang ditayangkan oleh media pasti penting! sayangnya media menyalahgunakan hal itu! media hanya seneng nayangin tayangan kriminal aja.

lama-lama tayangan kriminal itu udah kaya hiburan aja. efek program TV buser jauh lebih membahayakan dari yang kita kira. karna mengedukasi masyarakat untuk melakukan kejahatan. negara yang paling rendah tingkat kejahatannya adalah negara yang paling jarang menayangkan siaran TV kriminal contohnya Austria dan kanada.

ngerti kan yang gue maksud bahwa tayangan sepert Buser sanget berbahaya? well, lanjut yah, setelah gue nonton Lions for Lambs yaitu pas adegan si wartawan wanita balik ke kantornya. trus dia cerita sama temennya bahwa dia menolak mempublikasikan cerita sang senator yaitu tom cruise soalnya artinya dia mendukung apa yang dilakukan oleh pemerintah amerika, perang sekalipun. sang wartawan merasa ada yang salah disini, dia merasa wawancara dengan senator itu sampah. dia ga setuju bahwa Amerika harus perang sama Irak, negara miskin yang ga nyerang sama sekali ke Amerika, dia juga mellihat bahwa perang saat ini cuma vietnam re-package, karna si Amerika ga menang-menang, akibatnya pasukan yang mati tambah banyak.

tapii,, setelah dia masuk kantor dia harus berbenturan dengan kepentingan pribadi dia salah satunya nilai komersil. artinya kalo dia ga mempublikasikan karir dia terancam sedangkan dia punya orangtua yang harus dibiayai. akhirnya apa? patuh kepada sistem lagi. padahal dia udah menyadari bahwa azas both cover side saat ini mengalami perkembangan. both cover side saat ini adalah mempublikasikan berita dengan narasi yang menggiring masyarakat ke arah komersil. media harus bisa memprediksi berita apa yang akan disukai oleh masyarakat dan pemerintahnya. yaitu dengan menerapkan filter pada setiap beritanya, menggiring mereka bahwa masyarakat harus mendukung pemerintah. apapun itu.

ya, media saat ini adalah alat politik. yang bisa kita lakukan adalah berusaha kritis dengan setiap berita dan melakukan kroscek. sumber berita yang paling tidak kredibel adalah CNN. silahkan bandingkan CNN Dengan al jazirah.. walaupun punya berita yang sama tapi keduanya mempunyai sudut pandang yang berbeda, dan cara penyampaian yang berbeda juga. itu akan dibahas pada blog berikutnya hihiiihih..

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s