The Corporation Documentary Movie : Most Wanted Corporate Human Rights Violater : An Opening Eye!

The corporation mengisahkan tentang sistem perusahaan dan mengandaikan kalau perusahaan adalah makhluk hidup. This documentary movie told us so much facts ahead of a system on corporation that involved in human right abuses. These facts leads us to think what kind of company will be if they are human. Fakta-fakta yang dihidangkan terlalu mengerikan dan membuat bulu kuduk merinding. Emang engga semua perusahaan, yang paling ditekankan di sini adalah perusahaan multinasional. Inti dari dokumenter ini bahwa company or corporation or business community are willing to do anything in order to save and raise the profit even if they must to kill people. they had never avowed as GUILTY even though all the evidence are clearly there. I couldnt sleep afterwards.

Monsanto misalnya perusahaan susu terbesar di US, penghasil wool dll. The corporation memberikan fakta yang mengejutkan tentang Mosanto Company. Seperti : susu yang dihasilkan oleh Monsanto mengandung chemical atau zat kimia yang dapat menyebabkan cacat fisik atau bahkan kematian pekerjanya. Hal ini dibuktikan dengan adanya tragedi Vietnam. Selama perang dunia ke 2, amerika menyerang dengan menyiram zat kimia ke 16.000km daratan di Vietnam selama 10 tahun. chemical ato zat kimia yang digunakan adalah paling berbahaya yang disebut dengan Agent Orange pada tahun 1967 dan 1971. hingga 30 tahun kemudian daratan itu sukar ditanami tumbuhan, pencemaran air dan tanah luar biasa, pencemaran tanah mengakibatkan penyebaran racun pada seluruh keseluruhan lingkaran makanan selama puluhan tahun. Konsentrasi dioksin yang besar memiliki konsekuensi mengerikan terhadap penduduk setempat: kanker, penyakit kulit, tumor, dll. Bahkan diperkirakan 500.000 bayi yang lahir di vietnam sejak tahun 1960 menderita cacat akibat dioksin. Puluhan ribu petani telah teracuni herbisida, termasuk juga ribuan prajurit vietnam maupun amerika. Perlu diketahui perusahaan Monsanto sudah masuk ke Indonesia dengan produk-produk susunya yakni NESTLE.

Fakta yang tak kalah mengejutkan adalah kehidupan manusia dibilang berubah sejak tahun 1950-an saat chemical mulai digunakan dalam produk. Saat ini dampaknya kerasa banget, makan apel jaman dulu nutrisinya banyak, sekarang dengan nutrisi yang sama harus makan dua buah. Thanks to chemical!

Side effectnya adalah banyak pekerja vietnam yang mengalami penyakit aneh-aneh. Misalnya kaya lahir tanpa mata, cacat fisik akut dan lain sebagainya. Akibatnya para pekerja tersebut membentuk VAVA, lembaga untuk mengusut kasus tersebut dan menuntut 37 juta US dollar sebagai ganti rugi. Permintaan tersebut dikabulkan oleh pengadilan pada tahun 2004, walaupun Monsanto diharuskan membayar seluruh kerugian tapi pengadilan sampai detik ini tidak menyebut dan memutuskan bahwa Monsanto GUILTY! Ada yang aneh ga sih disini??

The story goes with new facts that had been discover about Monsanto, video yang menayangkan bahwa sapi-sapi yang memproduksi susu untuk produk Monsanto terlihat mengidap penyakit aneh karena disuntik zat kimia agar susu yang dikeluarkan lebih banyak. Ini kesalahan besar! Sapi-sapi tersebut mengidap pembesaran testis sampe engga mampu jalan, kulit kemerahan dan keriput, kulitnya kering mukanya pucet bener-bener sekarat. Tapi walaupun keadaannya kaya gitu, Susu tetep diperas dari putingnya. Gila banget! Lain merek, lain cerita, produk NIKE yang mahal ternyata menggaji buruhnya dengan sangat kecil. Misalnya harga sepatu 10 dollar maka upah buruh per sepatu tersebut hanya 10 sen. Ada yang salah ga sih disini? Berikut adalah list mengenai “Most Wanted” Corporate Human Rights Violators of the year

  1. Monsanto (tragedi agent orange selama puluhan tahun di Vietnam, penggunaan zat kimia secara berlebihan hingga menyebabkan kerusakan lingkungan, upah buruh yang rendah, menyakiti hewan)
  2. Chevron (pemakaian chemical secara berlebihan hingga menyebabkan kerusakan lingkungan, limbah mengakibatkan penyakit pada warga sekitar di Richmond California)
  3. Coca Cola (pengabaian hak-hak buruh, tindakan kekerasan pada buruh,diskriminasi buruh semua terjadi di colombia. 1989-2002 sudah 8 korban buruh Coca Cola tewas akibat experiment produk. Di India limbah Coca Cola merusak perairan. Di Plachimada, kerala, Coca cola menggunakan air sungai hingga terkuras untuk 1.5 juta botolnya dengan merek Dasani and BonAqua akibatnya airnya terkontaminasi dengan bakteri yang membuat sakit mata dan sakit perut pada warge sekitar. Dan yang terakhir COCA COLA adalah perusahaan yang paling diskriiminatif di dunia. Pada tahun 2000, sebanyak 2000 buruh african-american menuntut COCA COLA untuk menyamakan gaji dan promosi seperti pegawai non African-america )
  4. Dow Chemical (terbukti merusak lingkungan jutaan orang Vietnam dan US selama perang dunia kedua berlangsung, Dow juga menyediakan senjata kimia untuk saddam husein, pada tahun 2001 melakukan kerusakan lingkungan di bhopal, india. December,3 1984 Dow melakukan penyiraman tanaman dengan pesticide yang mengakibatkan 150.000 orang meninggal dan sekarat, membuat senjata kimia dan membuangnya ke lahan pertanian orang)
  5. Ford Motor. Diantara perusahaan pembuat mobil lainnya, ford motor yang paling parah. Setiap tahun sejak 1999, US Environmental Protection Agency memberikan nilai buruk pada mobil2nya, truk dan SUV sebagai pemakaian bensin paling buruk diantara kompetitornya. Mobil terbaru ford dikabarkan mempunyai efisiensy bensin terendah dibandingkan mobil originalnya Ford Model T. Ford juga berada di urutan terakhir mengenai vehicle greenhouse gas emissions. Ford mempunyai gas emisi terburuk yang absolut.
  6. Nestle USA. Nestle mempunyai menggunakan tenaga buruh anak-anak secara illegal pada industri produk coklatnya karna 40% supplier coklat datang dari Ivory Coast yang diprediksi oleh US State Department mempekerjakan 109.000 pekerja anak-anak. Pada tahun 2001, Save the Children Canda melaporkan bahwa 15000 anak-anak usia 9-12 tahun datang dari negara miskin Mali dan dijual untuk budak di west african, ladang coklat hanya senilai 30$. Nestle dan perusahaan lain yang menjadi produsen terbesar cocoa dari Ivory coast berjanji tahun 2005 akan mengakhiri penyiksaan anak-anak dan pemaksaaan mereka menjadi pekerja. Sayangnya mereka gagal. Tahun 2005 2 juta liter produk nestle disita polisi karena kandungannya terkontaminasi oleh Chemical Isopropylthioxanthone (ITX). Kasus penyiksaan buruh paling banyak dilaporkan dari pabrik nestle in beberapa negara. Di colombia, nestle menggaji buruhnya dengan upah rendah dan tanpa surat kontrak.
  7. caterpillar. Perusahaan penyedia bulldozer untuk Israel untuk menghancurkan rumah-rumah orang palestina. Kasus yang sempat ke pengadilan adalah penindasan aktivis hingga tewas, rachel corrie oleh bulldozer pada tahun 2003. pihak keluarga menuntut pada maret 2005 dengan tuntutan bahwa caterpillar menjual mesin yang digunakan untuk mengabaikan hak asasi manusia.
  8. Wall Mart, merupakan perusahaan terbesar di dunia. Mempunyai cabang hingga 5100 buah dan pegawai sejumlah 1.3 juta orang di US dan 400.000 di luar. Tapi walmart mempunyai list yang panjang mengenai penyiksaan buruh, penghancuran toko kecil, sex discrimination, pemaksaan lembur hingga mempekerjakan anak-anak secara ilegal. Wal mart juga tidak menyediakan asuransi kesehatan untuk setengah dari total pegawainya. Wal mart juga menjual barang dengan harga murah dengan membiarkan buruh dengan kondisi memprihatinkan. Perusahaan wal mart juga memaksa supplier untuk memberikan harga yang murah yang akibatnya membuat buruh dipaksa dan disiksa agar dapat memenuhi keinginan wal mart. Pada september 2005, The International labor Rights menuntut wal mart setengah dari total supplier wal mart di Indonesia, China, Bangladesh, Nicaragua dan Swaziland. Karena buruh menolak untuk digaji kecil, dipaksa lembur tanpa kompensasi dan tidak ada jaminan kesehatan. Pekerja lain yang ditemukan di perusahaan luar US adalah karena disuruh tes kehamilan, penguncian kamar mandi, kelaparan, tidak adanya akses kesehatan dan pemecatan atau blacklist kalo mereka mencoba meenanyakan hak-hak mereka.
  9. Phillip Morris and Phillip Morris International a.k.a the altria group Inc. salah satu perusahaan rokok terbesar di dunia, pembuat Marlboro,Virginia slims, parliament, basic dll. Phillip morris dan lainnya mengetahui dengan betul dampak dari nikotin dan tobacco, tetapi ia mengelabui konsumen dengan mengatakan bahwa rokok tidak berbahaya terutama yang mild dan menthol padahal sama aja cuma re-package doang. Promosi yang dilakukan menargetkan pada kalangan muda bahkan menggunakan Marlboro girl dibawah umur, mendistribusikan rokok pada anak-anak dan mensponsori konser-konser. Phillip morris saat ini menargetkan negara-negara berkembang karna negara-negara maju sudah mengetahui dampak merokok
  10. news Corporation and news international. Rupert Murdoch disebut sebagai tokoh manipulasi politik pada public dalam news Corporation. Nes Corporation punya 175 surat kabar, film studio, dll. Manipulasinya dengan cara mengjinkan Murdoch untuk berbicara kepada public agar berpikir dan membentuk opini untuk politician favoritnya. Untuk mendukung perang irak, seluruh editor news.corp menggunakan kekuatannya melalui fox news untuk menyiapkan warga amerika untuk perang. News. Corp merupakan perusahaan profit tanpa pajak.
  11. Freeport Mcmoran Copper and Goled, Rio tinto Group Subsidiory. Perusahaan ini sejak tahun 80 merupakan wajah jelek multinasional kapitalis. Rio tinti adalah salah satu dari 3 perusahaan tambang terbesar di dunia atas emas, silver dan batubara dan berlokasi di papua irian jaya. Sudah bukan rahasia, freeport mengakibatkan banyak kerusakan alam namun mereka dilindungi oleh pejabat korup dan militer indonesia. Freeport mengakui bahwa mereka membayar pasukan bersenjata sebesar 5.6 juta US sejak tahun 2002. sejak itu freeport banyak membunuh warga tak bersalah dan kerusakan lingkungan atas polusi di sekitar pertambangan

Microsoft for anti-trust, Roche dan list panjang perusahaan obat. Yang paling gila lagi di Peru, sebagai Negara penghasil batu bara, buruhnya diprediksi akan mati beberapa tahun lagi karna overtime kerja.

perusahaan-perusahaan besar tersebut melakukan penghematan dengan mengorbankan tenaga kerjanya. Dan demi mendapatkan cost yang murah, perusahaan” tersebut membangun pabriknya di negara-negara berkembang. Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh tim the corporation pada salah satu buruh di kolombia, upah sekian sen harus mampu mensupport 8 anggota keluarganya which is ga mungkin. Kata pekerja itu dia ga pernah bisa nyukupin kebutuhan keluarganya. Perusahaan saat ini semakin tidak manusiawi dan sangat profit oriented.

Salah satu tayangannya menceritakan saat 9/11 terjadi, para trader bukan memikirkan tentang berapa korban yag tewas tetapi berapa kira-kira emas sekarang, naik atau turun? Itu kan gila banget. Sistem sudah dirancang sedemikian rupa hingga masyarakat tidak menyadari apakah sistem yang dijalankan oleh perusahaan sudah benar. Harusnya kan salah banget perusahaan yang tidak memikirkan kesejahteraan buruh, they dont have any heart! Tapi ironisnya inilah sistem perusahaan-perusahaan di dunia ini, termasuk di indonesia. Di Indonesia aja udah mulai nih. Di tangerang pusat industri di Jabodetabek, banyak pabrik elektronik di situ. Gaji sebagai buruh disana sekitar 600.000-800.000 kalo lembur tiap hari bisa dapet 1.500.000-an. Tapi kan engga manusiawi banget! Masa orang harus overtime tiap hari?

Seakan-akan nih,kemiskinan itu penting sebagai usaha untuk memajukan perusahaan. Pusat industri kebanyakan di negara-negara berkembang kaya indonesia, china, vietnam, laos, colombia, dan lain sebagainya. Perusahaan-perusahaan multinasional di indonesia hengkang loh soalnya gaji disini semakin tinggi, akhirnya mereka pindah semua ke vietnam. Salah satu solusi adalah penentu kebijakan memotong pajak. Jadi perusahaan engga pontang panting ningkatin profit. Informasi ini penting banget untuk kita biar tetep stay aware. Gue selalu merekomendasikan film2 dokumenter kaya gini at least untuk mengingatkan kita pentingnya hati nurani. tips dari ingkan dan yudi :

  • never!! beli barang yang terlalu murah. biasanya barang murahan buruhnya digaji kecil.
  • kalo mau minum ato makan suatu produk, liat dengan teliti kandungannya. beli yang tanpa pengawet deh.
  • untuk menggunakan produk apa pun selalu liat isi kandungan produk tersebut.
  • jangan terlalu tergantung sama obat. obat alternatif is better. oya supplemen juga jangan tiap hari.
  • Oya yang terakhir coba deh search di wikipedia tentang Monsanto, perusahaan ini bermasalah di mana-mana.

Sumber :

  1. (sumber : http://www.doublestandards.org/exchange1.html)
  2. (sumber:http://news.vnanet.vn/vietnamlaw/Service.asp?CATEGORY_ID=5&SUBCATEGORY_ID=10&NEWS_ID=589 yang direkam pada 22 Nov 2007 15:40:52 GMT)
  3. http://leprof.infiniweb.com/messages/208/1105.html?1191713772
  4. (sumber: http://www.fspi.or.id/i)
  5. http://www.thecorporation.com
  6. the corporation documentary movie


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s