THT dan SingMedic

Mau share cerita tentang keluhan THT Suami, udah lama ngga ngisi blog ini nih :P 

Jadi ceritanya berawal dari honeymoon di Bali di awal tahun 2012, lagi becanda-becanda di  kolam renang, gue dorong suami gue ke kolam sampe tenggelem huahuahua iseng banget yee. tapiii yang gue lupa adalah waktu itu suami gue abis dari dokter kuping karena keluhan jamur dan katanya ngga boleh kena air dulu bbrp hari.. tapi gue sepelein dan cuek bebek sampai pada suatu hari persis 1 minggu setelah honeymoon. suami gue kupingnya gatel2 dan ternyata jamurnya balik lagi😦

kita ke RS langganan, RS THT Proklamasi. dibersihin sampe 2-3x pertemuan. trus normal lagi deh. cumaa kok jamurnya bolak balik yah sampe sempet infeksi krn udah terlalu penuh dan suami gue garuk2 terus kupingny jadi ada luka begitu terus sampe frekuensinya jadi 2 minggu sekali buat bersihin kuping?!?! tadinya yang kita anggep sepele jadi serius.  kita ke dokter langganan namanya dokter H, oke banget! masih muda dan dokter jaga malam tapi telaten dibanding dokter2 lainnya. untuk ngebersihin jamur kita udah nyoba hampir semua dokter THT di RS itu yang sesuai sama jadwal kita, dari siang, sore/malem. sampe suatu waktu, pas lagi nungguin dokter H, ternyata ngga bisa dateng, digantiin sama dokter jaga yang bukan dokter RS itu karena si dokter langganan nan baik hati ini lagi ada operasi di RSCM, salah tusuk! kena gendang telinga suami dan selama 2 minggu suami harus sumpel kuping setiap hari karen cairannya keluar terus. walaupun ALHAMDULILAH masih bisa nutup. itu gue ngamuk sejadi2nya sama si rumah sakit dan si dokter langganan kenapa penggantinya ngga kompeten. dokter langganan bijak banget sih, dia tidak memperpanjang tapi memberikan solusi. tapi kedepannya kita hanya berani ke dokter yang direkomendasikan sama dokter langganan kita ini.

lama-lama selain frekuensi makin sering, proses jamur bolak balik ke kuping sudah nyaris setahun, suami kalau tidur sampe pake sarung tangan biar ngga garuk2 dan kadang-kadang infeksi krn luka garukan bikin jamuran. lumayan ganggu pekerjaan. dokter langganan sampe bilang gini “kalau begini terus lebih baik bapak cari dokter lain, berarti saya ngga sanggup sembuhin” temennya dokter H, yang pernah kita temuin sempet bilang ini bukan jamur soalnya terlalu sering dan merekomendasikan buat ketemu sama dokter spesialis di RSCM. Namuuuun karena kita sudah terlalu sering ketemu dan berganti-ganti dokter THT, kita kok ngga brani gitu buat coba dokter THT baru lagi. dokter langganan walaupun ngga bisa nyembuhin tapi sangat telaten dan pelan-pelan banget,pernah sampai 2 jam pake break pula.

 Lalu sampailah kita ke 1 tahun pernikahan, dan honeymoon ke Sing. kepikiran buat check si THT ini. direkomendasikan teman ke singmedic. seriously intitusi ini sangat membantu! free dan respondsnya cepet. waktu itu konsultasi via email dan cerita kronologi via telp dan email, dan kita juga email bbrp dokumentasi yang dibutuhkan ke singmedic. balesnya cepet dan ngasi tau kisaran biayanya. jadi pas kita kesana udah dibuatin appoitment, dokter di sana udah tau riwayat penyakit dan kita udah nyiapin budget buat itu🙂

dari beberapa dokter yang direkomendasikan dan beberapa RS yang direkomendasikan,kita pilih Changi soalnya untuk spesialis THTnya bagus dan rumah sakit pemerintah jadi lebih murcee dibandingin swasta. plus ada guidenya disana jadi ngga bingung buat first timer kaya kita yang ngga tau proses admin dll😛

Pas ketemu dokternya, dokternya ngikik kebingungan kenapa kita bisa rajin bener ke dokter THT dimana normalnya orang bersihin kuping itu 6 bulan sekali, sedangkan kita 2 minggu sekali udah balik lagi. diagnosanya bedaaaaa banget sama yang di Jakarta. ternyata suamiku bukan sakit THT,sodara-sodara. tapi sakit kulit karena ada bakteri di luar kuping hihihihi, trus cuma dikasi obat combiderm dan olive oil 2 botol😛

Napas lega dan Happy banget! problem solved. Thankyou dear Singmedic, especially mba septi who has been really helpful to provide detailed information for us. we really2 appreciated it🙂

11 thoughts on “THT dan SingMedic

  1. septi says:

    Wah jadi tersanjung nih, saya juga senang bisa membantu….terimakasih sharingnya Bu. Singmedic sedang dalam proses membuat website resmi, kira-kira Ibu keberatan g ya klo kita link posting ini ke website kami.

    Terima kasih

    Septi

  2. indrawati says:

    mbak salam kenal, mbak aku juga punya masalah yg sama dengan suaminya, mbak tolong rekomen dokter tht yang dipakai namanya siapa? aku butuh dokter yang sabar dan telaten bersihin kuping. btw olive oil itu beneran olive oil yang utk masak? cara pake bgm aku mau coba. thanks

  3. Dokter THT yang saya rekomendasikan, dokter hably warganegara di RS THT Proklamasi karena masih muda,masih jam malam prakteknya. Bisa dilihat di web ya jadwalnya.
    Untuk olive oil, yang khusus kuping tapi sebaiknya konsultasikan ke dokter dulu soalnya harus pakai resep.

  4. ui says:

    Dear Mba Nubiennes,
    Boleh saya tahu untuk berobat ke dokter di rs Changi kira2 brp ya? Telinga kanan saya terasa sedikit sakit 1 minggu ini. Saya sdh ke dokter THT di Harapan Kita kemarin. Katanya setelah diteropong ada sedikit pengapuran di gendangan telinga. Terus saya dikasih obat pilek. Sakitnya sih berkurang. Tapi masih terasa sedikit. Terimakasih.

  5. Kalo via singmedic, dikasi kisaran biayanya kok. waktu itu perbandingan sama mount jauh lebih murah tapi biaya persisnya lupa. cuma sesuai sama yg singmedic kasih sebelum berangkat ke sing🙂

  6. Sherly says:

    Hai salam kenal,
    Sepertinya saya mengalami kasus yg sangat mirip dengan suami Mbak Nuniennes, dan sekarang sedang pusing cari solusi.
    Boleh saya minta alamat email, pin BB atau whatsapp utk tanya2 info lebih detil? Sebelum memutuskan untuk menempuh jalan “berobat ke LN” pengen lebih yakin aja kalau itu memang solusi untuk kasus saya juga. Alamat email saya terlampir di data komen ini.

    Terima kasih sebelumnya dengan sharing cerita kasus sakit suaminya ya Mbak, sebelum baca blog Mbak ini rasanya udah cukup putus asa gimana beresin mslh di kuping yg kayaknya gak tuntas2 juga.

    Terima kasih Mbak Nubiennes dan suami😉 ….

  7. sebetulnya sehabis saya ke sing, sempat kambuh lagi setelah setahun.
    Saya kurang rekomen ke sing soalnya obat disana ngga dijual disini kalo habis. kalau kualitas dokter ok banget.
    waktu itu saya ke RSCM kencana, ktemu dokter harim kalau ga salah untuk minta obat yang diresepkan di singapur tapi versi generic di indonesia.

  8. di RS ssmedika Jakarta aja, lebih nyaman tuh rumah sakit THT Bedah dan pasti sembuh deh tim dokter tht bedahnya under prof Helmi (suhunya dokter-dokter THT di Indo ), saya sudah kemana mana, sembuhnya di sana, memang waktu awal kaga yakin karena rs nya agak sepi, tapi ternyata puas banget sama pelayanannnnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s